6 Tips untuk mahasiswa agar siap bersaing di dunia kerja

Flexslider

» » 6 Tips untuk mahasiswa agar siap bersaing di dunia kerja

6 Tips untuk mahasiswa agar siap bersaing di dunia kerja

 

1. Raih nilai bagus

Merdeka.com - Kata-kata 'IPK harus tinggi' memang terdengar klise bagi banyak mahasiswa. IPK yang tinggi memang tidak menjanjikan kesuksesan, namun paling tidak dengan memiliki IPK yang tinggi, Anda akan dilirik oleh perusahaan-perusahaan tujuan saat mengajukan lamaran. Dengan IPK tinggi, perusahaan akan melihat Anda sebagai orang yang mau berkompetisi dan mengembangkan diri. Apalagi, tahap seleksi administrasi saat proses rekrutmen pegawai memang tidak memungkinkan perusahaan untuk melihat kualitas Anda secara langsung. Jadi, IPK-lah yang dijadikan patokan

2. Jangan segan bertanya

Merdeka.com - Dosen-dosen Anda pasti akan dengan senang hati menjadi konsultan Anda untuk soal karir. Mereka tentu memiliki banyak koneksi dari para mahasiswa mereka yang sudah lulus sebelum Anda yang bisa memberi Anda peluang kerja yang keren. Jadi, jangan ragu untuk mengobrol dengan dosen yang Anda percaya di luar jam kuliah untuk menggali banyak peluang emas demi kesuksesan Anda

3. Pengalaman berorganisasi

Merdeka.com - Berorganisasi akan memberikan Anda gambaran tentang bagaimana caranya bekerja dengan efektif dalam satu tim. Banyak perusahaan yang tidak hanya mengandalkan kualitas individu, tetapi juga memperhitungkan kemampuan memimpin dan berkoordinasi dari para pegawainya. Anda juga perlu berpartisipasi dalam acara-acara komunitas atau sukarela seperti kampanye WWF atau juga pelestarian hutan kota di tempat Anda berkuliah. Menjadi sukarelawan bisa memberi nilai plus untuk Anda, karena perusahaan akan melihat Anda sebagai orang yang memiliki passion dalam hidup. Orang-orang yang seperti ini biasanya memiliki banyak ide yang bisa dikembangkan.

4. Pengalaman magang

Merdeka.com - Tugas PKL untuk mahasiswa akhir bisa Anda jadikan ajang untuk menambah koneksi di dunia kerja sekaligus untuk belajar memahami ritme manusia karir. Dunia kerja seringnya membutuhkan orang-orang yang sudah memiliki pengetahuan mendasar tentang karir. Jadi, jangan sia-siakan mata kuliah PKL, ya.

5. Perbanyak pengalaman kerja

Merdeka.com - Liburan semester genap anak kuliah biasanya cukup panjang, mayoritas hingga 3 bulan lamanya. Nah, daripada Anda menghabiskan waktu dengan senang-senang saja atau traveling ke sana-sini tiap tahunnya, akan lebih baik jika Anda mengisi salah satu libur panjang dengan bekerja. Bekerja di sini tidak sama dengan magang. Untuk pengalaman kerja ini, Anda harus betul-betul berfokus pada satu bidang keahlian yang Anda minati dan Anda bisa mendapatkan uang darinya. Pengalaman ini nantinya akan membuat Anda terlihat 'cemerlang' di antara pelamar-pelamar lainnya saat interview kerja di masa mendatang.

6. 'Bersihkan' akun Facebook

Merdeka.com - Sekarang ini sudah banyak sekali perusahaan nasional maupun internasional yang mengandalkan Facebook review untuk menilai para calon pegawai mereka. Tentunya foto atau status updates yang alay atau kekanakan yang ada di akun Facebook Anda akan bisa merugikan Anda jika hal ini terjadi. Oleh karena itu, jaga 'kebersihan' halaman Facebook Anda sejak dari kuliah sehingga Anda tak perlu melakukan perombakan besar-besaran atau malah menghapus akun Facebook Anda nantinya.
Jangan lupa kuatkan doa, ya, supaya mendapatkan pekerjaan idaman!

Share

You may also like

Berita