4 Cara Mandi yang Tepat Agar Kulit Tidak Kering

Flexslider

» » » » 4 Cara Mandi yang Tepat Agar Kulit Tidak Kering

4 Cara Mandi yang Tepat Agar Kulit Tidak Kering


4 Cara Mandi yang Tepat Agar Kulit Tidak Kering - Mandi menjadi rutinitas wajib keseharian untuk membersihkan dan merawat kulit. Namun kulit tidak akan terawat secara efektif jika cara mandi Anda salah.
Dr. Lilik Norawati, SpKK berbagi tips mengenai cara mandi yang tepat. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mandi agar kulit tidak menjadi kering yang dikutip dari detik.com.
1. Hindari Menggunakan Air yang Terlalu Panas
Suhu air sangat penting ketika mandi untuk menjaga kelembaban kulit. Mandi dengan air panas tidak disarankan.
“Jangan mandi terlalu panas, gunakan air suam-suam kuku saja. Kalau kepanasan menyebabkan kulit kering,”
2. Hindari Mandi Terlalu Lama
Bagi Anda yang sering mandi atau berendam terlalu lama, sebaiknya mulai hilangkan kebiasan tersebut. Bukannya kulit jadi sehat, malah menyebabkan kering.
“Mandi tidak lama berarti tidak bersih, itu konsep yang salah. Mandi paling lama 15 menit,” saran dokter Nora.
3. Gunakan Sabun yang Lembut
Hindari menggunakan sabun yang membuat kulit jadi kering. Pilihlah sabun yang memiliki daya pembersih yang lembut dengan pH seimbang dan tidak membuat iritasi.
4. Body Lotion
Setelah mandi, ketika kulit masih lembab sangat baik menggunakan body lotion. Body lotion akan mengikat air sehingga kelembaban kulit akan terjaga. Body lotion bukan hanya digunakan setelah mandi saja. Dr Nora menyarankan agar mengulang menggunakan body lotion setiap tiga sampai empat jam sekali untuk mempertahankan kelembaban kulit.

Share

You may also like

Berita