Daerah Yang Ingin Memisahkan Diri dari Indonesia

Flexslider

» » » » Daerah Yang Ingin Memisahkan Diri dari Indonesia

Daerah Yang Ingin Memisahkan Diri dari Indonesia

Indonesia adalah negeri yang kaya. Tak terhitung banyaknya Sumber Daya Alam yang ada disini. Namun ketidakmerataan kekayaan dan penindasan suatu ras membuat ada beberapa daerah yang ingin keluar dari NKRI, seperti berikut:

1. Aceh


Bendera Gerakan Aceh Merdeka (GAM)



Aceh merupakan provinsi terbarat dari Indonesia. Provinsi ini beribukota Banda Aceh dan sering disebut "Serambi Mekkah". Namun, sejak tahun 1976, Aceh menghendaki keluar dari Indonesia. Gerakan ini juga dikenal dengan nama Aceh Sumatra National Liberation Front (ASNLF). GAM dipimpin oleh Hasan di Tiro selama hampir tiga dekade bermukim di Swedia dan berkewarganegaraan Swedia.lahir di desa Tiro, kabupaten Pidie, Aceh, 25 September 1925 – meninggal di Banda Aceh, 3 Juni 2010 pada umur 84 tahun. Sehari sebelum meninggal dia memperoleh status WNI oleh pemerintah Indonesia.

2. Papua


 Bendera Organisasi Papua Merdeka (OPM)

Jika tadi kita ke ujung barat Indonesia, kini kita beralih ke ujung timur Indonesia, yaitu Papua. Pulau Papua atauGuinea Baru (Bahasa InggrisNew Guinea) atau yang dulu disebut dengan Pulau Irian adalah pulau terbesar kedua (setelah Tanah Hijau) di dunia yang terletak di sebelah utara Australia. Pulau ini dibagi menjadi dua wilayah yang bagian baratnya dikuasai oleh Indonesia dan bagian timurnya merupakan negara Papua Nugini. Di pulau yang bentuknya menyerupai burung rajawali ini terletak gunung tertinggi di Indonesia, yaitu Puncak Jaya (4.884 m). Namun, muncul Organisasi Papua merdeka (OPM) yang menghendaki Papua keluar dari NKRI. OPM ditengarai sering melakukan aksi kekerasan dan melakukan penyerangan bersenjata terhadap warga sipil termasuk TNI dan Polri di berbagai wilayah Papua untuk menciptakan ketidakstabilan. Pemerintah menurunkan TNI dan Polri untuk melakukan penumpasan terhadap gerombolan OPM yang sudah sangat meresahkan warga.

3. Sulawesi


 Bendera Sulawesi Merdeka

Sulawesi (atau sebutan lama dalam bahasa InggrisCelebes) adalah sebuah pulau dalam wilayah Indonesia yang terletak di antara Pulau Kalimantan dan Kepulauan Maluku. Dengan luas wilayah sebesar 174.600 km², Sulawesi merupakan pulau terbesar ke-11 sedunia. Namun, Pulau ini sempat ingin mengeluarkan diri dari NKRI, walaupun kini tidak terdengar lagi.

4. Maluku


Bendera Republik Maluku Selatan (RMS)


Bendera Republik Maluku Selatan (RMS) 2011

Maluku atau yang dikenal secara internasional sebagai Moluccas adalah salah satu provinsi tertua di Indonesia. Ibukotanya adalah Ambon. Pada tahun 1999, sebagian wilayah Provinsi Maluku dimekarkan menjadi ProvinsiMaluku Utara, dengan ibukota di Sofifi. Provinsi Maluku terdiri atas gugusan kepulauan yang dikenal denganKepulauan Maluku.Pada tahun 1950, muncul gerakan Republik Maluku Selatan. Daerah ini sebenarnya sudah memerdekakan diri pada tahun 1950 dan telah mempunyai lambang, bendera dan lagu kebangsaan sendiri.


 Lambang RMS


Naskah Proklamasi RMS

Lagu Kebangsaan : Maluku Tanah Airku
Maluku Tanah Airku
Tanah tumpah darahku
Ku berbakti kepadamu
Selama hari hidupku
Engkaulah Pusaka Raja
Jang leluhur dan teguh
Aku djundjung selamanja
Hingga sampai adjalku
Aku ingat terlebih
Sedjarahmu jang pedih
Maluku Tanah Airku
Tanah datuk datukku
Atas Via Dolorosa
Engkau hidup merdeka
Putra putri jang se djati
Tumpah darah bagimu
Ku bersumpah trus berbakti
Serta tanggung nasibmu
Aku lindung terlebih
Sedjarahmu jang pedih
Mena Muria printah leluhur
Segnap djiwaku seru
Bersegralah membelamu
Sepri laskar jang djudjur
Dengan prisai dan imanku
Bahkan harap jang teguh
Ku berkurban dan berasa
Karna dikau ibuku
Ku doakan terlebih
Mena Muria hiduplah


RMS juga telah memiliki website, yaitu republikmalukuselatan.nl

5. Riau


Bendera Riau Merdeka

Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah pulau Sumatera. Provinsi ini termasuk salah satu provinsi makmur di Indonesia, dengan gross regional product per kapita sebesar USD 7.886 (2008). Riau pernah ingin melepaskan diri dari NKRI, namun kini tak pernah terdengar lagi.

6. Bali



Bendera Gerakan Bali Merdeka (GBM)

Share

You may also like

Berita